Tempat : Kantin
SMAK PENABUR TANGERANG
Waktu : 11.32
WIB
Anggota : -
Hensel (X IPS 1 / 08)
- Jordy (X IPS 1 / 13)
- Margareth (X IPS 1 / 19)
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
1.1) Latar Belakang
1.2) Rumusan Masalah
1.3) Tujuan
1.4) Manfaat
Bab II Pembahasan
2.1) Landasan Teori Kantin
2.2) Diagram Klarifikasi Kantin
2.3) Laporan Teks Hasil Observasi
Bab III Penutup
3.1) Kesimpulan
3.2) Saran
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yang di berikan guru kami. Semoga
tugas ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman
bagi pembaca dalam pendidikan.
Dalam Laporan Hasil Pengamatan
ini berisikan bagaimana kami mengamati kantin sekolah.
Harapan kami semoga Laporan
Hasil Observasi ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para
pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi laporan ini sehingga
kedepannya dapat lebih baik.
Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan
karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan
kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun
untuk kesempurnaan Laporan Hasil Observasi ini.
BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Kantin sekolah adalah tempat
umum yang biasanya digunakan siswa untuk membeli makanan atau minuman.
Kantin mempunyai peran penting
di dalam lingkungan sekolah. Tanpa adanya kantin, sekolah tersebut belum
terbilang lengkap. Karna biasanya siswa pada saat istirahat, para siswa akan
berkunjung ke kantin.
Namun, kadang keberadaan kantin
dan makan yang berada disana diragukan tentang kebersihan dan kesehatannya.
Mungkin salah satu sekolah yang terjaga kebersihan dan kesehatannya adalah SMAK PENABUR Kota Tangerang.
SMAK PENABUR Kota Tangerang mempunyai kantin yang sangat berguna jika siswa tidak membawa bekal dari
rumahnya sendiri. Namun kebersihan dan kenyamanan kantin masih diragukan.
Berbagai macam tanggapan persepsi dari para siswa tentang kebersihan, pelayanan
penjual kepada pembeli, dan lain sebagainya.
Dengan adanya pengamatan yang
kami lakukan, kami dapat mengetahui hal - hal yang dirasakan penjual dan
pembeli mengenai kantin di SMAK PENABUR Kota Tangerang.
1.2
RUMUSAN MASALAH
1) Apa definisi kantin ?
2) Bagaimana cara penjual
melayani pengunjung ?
3) Mengapa pandangan sebagian
siswa tentang kantin masih diragukan ?
4) Dimana letak kantin sekolah
?
1.3
TUJUAN
Tujuan kami melakukan Laporan
Hasil Pengamatan ini adalah untuk menyelesaikan tugas harian yang diperintahkan
guru kami.
1.4
MANFAAT
Manfaat melakukan Laporan Hasil
pengamatan ini bagi kami adalah untuk mengetahui bagaimana cara melakukan
pengamatan dengan baik dan benar. Dan manfaat untuk para pembaca yaitu, kantin
yang sangat berguna di sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
LANDASAN TEORI KANTIN
Kantin adalah tempat yang
biasanya terletak di sekolah yang menjual berbagai macam makanan dan
minuman. Supaya kantin banyak pengunjung, kantin sangat membutuhkan
tempat yang bersih, nyaman dan jajanan yang sehat untuk para pengunjung.
Tujuan dari penyediaan
layanan dan fungsi kantin di sekolah :
1) Memberikan pelajaran untuk
siswa bersosialisasi.
2) Memberikan kesempatan untuk
siswa memilih makanan dan minuman yang bersih dan sehat.
3) Siswa bersikap jujur saat
membeli makanan dan minuman.
4) Membantu perekonomian
penjual.
2.2 DIAGRAM KLARIFIKASI KANTIN
2.3 LAPORAN HASIL OBSERVASI
SEKOLAH FAVORIT KANTIN FAVORIT
Di dalam SMAK PENABUR Kota Tangerang,
terdapat 5 kantin dan 1 koperasi. Suasana kantin saat ini sedang sepi
dikarenakan siswa masih dalam proses pembelajaran. Di kantin menjual makanan
yang sehat dan bersih, dan di samping kantin tersedia wastafel untuk warga
sekolah. Tersedianya meja makan untuk siswa, banyak, bersih, dan tertata rapih.
Makanan yang tersedia di kantin antara lain
makanan berat (nasi dan lauk) dan makanan ringan (keripik singkong, jagung,
pisang coklat, dan lain-lain). Minuman yang tersedia juga antar lain, teh
manis, Fruit Tea, dan berbagai jus. Ada pula makanan favorit siswa yaitu
keripik singkong, ayam geprek keju, makaroni. Penjual melayani dan menanggapi
siswa dengan baik.
Harga
makanan dan minuman terjangkau untuk para siswa. Ada pula makanan yg di sebut
sebagai Menu Akhir Bulan, harga makanan tersebut sangat terjangkau yaitu Rp8.000,00 per porsi. Menu tersebut di tunjukan kepada siswa yang sedang berhemat,
menu tersebut memiliki porsi yang tidak sedikit, sehingga cukup untuk mengisi
perut. Menu tersebut dapat di beli di kantin nomor 6 di sebelah koperasi.
Biasanya suasana di kantin saat jam istirahat
sangat ramai dipenuhi oleh siswa. Dari jenjang SD, SMP, maupun SMA semua
berbondong-bondong datang ke kantin untuk makan dan minum atau hanya sekedar
nongkrong bersama teman-temannya. Kantin memang belum bisa menampung seluruh
siswa yang ingin makan, sehingga siswa-siswa lain yang tidak kebagian tempat
duduk harus mencari tempat lain seperti di dalam kelas atau di lantai lobi
sekolah. Siswa harus kembali ke kelas masing-masiing sebelum istirahat selesai,
jadi kondisi kantin cukup tertib.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Hampir seluruh kantin sudah mencakup kriteria kantin yang bagus, tetapi masih ada beberapa kekurangan yang terdapat dari kantin-kantin tersebut. Yaitu, kurangnya tempat para siswa untuk mengonsumsi makanan dan kurangnya layanan dari para penjual kantin, sehingga banyak pelanggan yang terhiraukan dan terdahulu oleh pelanggan lainnya. Tetapi diluar dari itu, seluruh makanan atau minuman yang dijual di kantin, dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan enak.
3.2 SARAN
Para siswa dihimbaukan
untuk lebih memperhatikan kebersihan kantin, sehingga kebersihan kantin tetap
terjaga dan tidak menggangu siswa lainnya. Kantin juga disarankan untuk membuat
peraturan untuk para siswa yang ingin membeli makanan agar setiap pelanggan
dapat dilayani dengan maksimal dan sesuai urutan. Selebihnya mungkin akan lebih
baik jika para penjual di kantin menambahkan dan memvariasikan menu makanan
atau minuman yang dijual.
DAFTAR PUSAKA
-
Komentar
Posting Komentar